Skip to main content
BeritaArtikelKegiatan

Suksesnya Acara “Semarak Perjalanan Mulia Sang Kekasih Allah” Mendapatkan Antusias Mahasiswa

By 24 Maret 2023September 2nd, 2023No Comments

HIQMA (16/03/2023) Dalam rangka pelaksanaan program kerja Departemen Project Officer, kali ini HIQMA menyelenggarakan peringatan Isra Mi’raj pada hari Kamis, 16 Maret 2023, pada acara kali ini Departemen Project Officer juga berkolaborasi dengan KALAM UMAT “Kajian Malam Jum’at” yang juga merupakan program kerja rutin yang biasa diadakan oleh Departemen Pendidikan dan Kaderisasi, Acara Isra Mi’raj kali ini bertema “Meneladani Perjalanan dan Perjuangan Rasulullah, guna menjadi Umat yang Taat dan Bermartabat” dilaksanakan di Masjid Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan pemateri  Ustadz Dr. Hasani Ahmad Said, S.Th.I., M.A., yang merupakan Pengurus Komisi Dakwah MUI Pusat, Dosen Tetap Fakultas Ushuluddin, sekaligus Pembina HIQMA. Kegiatan ini juga dihadiri Ustadz H. Dasrizal M. Nainin, S.S.I., M.I.S., yang merupakan Qori Internasional sekaligus tamu kehormatan HIQMA.


Acara dimulai dari pukul 17.00 WIB sore dengan registrasi awal peserta kemudian dilanjut ba’da magrib diisi dengan pembacaan Yasin dan Pembacaan Maulid Nabi setelah itu ba’da isya, acara secara resmi dibuka oleh MC, Mitha Octaviani Putri, dilanjut dengan pembacaan kalam ilahi dan sari tilawah oleh Alfiani Safitri dan Siti Nur Kholisah, setelah itu Ketua Pelaksana, Firman Ramadhan dalam sambutannya menyampaikan “Ucapan rasa terimakasih kepada seluruh panitia yang sudah menyiapkan acara sehingga acara berjalan dengan lancar dan memohon maaf kepada peserta dan tamu undangan apabila selama acara masih terdapat banyak kekurangan”. Selain itu Ketua HIQMA, Nailul Izzata Gufron, beliau menyampaikan bahwa “Peringatan Isra Miraj ini menjadi suatu peringatan guna menguatkan keimanan, karena perjalanan Rasulullah itu adalah perjalanan diluar nalar yang tidak bisa dipahami secara akal namun kita harus mempercayainya, sehingga disitulah aqidah dan keyakinan kita diuji apalagi kita sebagai bagian dari Mahasiswa yang memperjuangkan nilai-nilai Al-Quran di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini”.

Abang M. Nur Syukran, S.Pd., selaku alumni HIQMA yang memberi sambutan pengganti Pembina HIQMA, turut berbagi materi sekilas tentang Isra Miraj, beliau juga berharap penyelenggaraan acara Isra Miraj ini dapat menjadi awal yang baik sebelum kita menghadapi Bulan suci Ramadhan guna memperteguh keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

Selanjutnya, penampilan Puisi yang dibacakan oleh Mus Wita, menggambarkan secara singkat bagaimana sebab dan kejadian Isra Miraj membuat para Audiens termenung untuk mengoreksi diri dan membangun gairah semangat untuk melanjutkan perjuangan Rasulullah saw.

Beralih ke acara inti, yakni mauidhoh hasanah oleh Ustadz. Dr. Hasani Ahmad Said, S.Th.I., M.A. beliau menyampaikan tentang penjelasan dari QS. Al-Isra yang secara detail dibahas dari sebab awal mengapa Rasulullah diperjalankan dari masjidil haram ke masjidil aqsa, “Pernah tidak adek-adek bertanya mengapa perjalan Isra Miraj dijelaskan oleh 2 surah yang berbeda? bukankah dengan Surah Al Isra saja itu sudah cukup ? itulah yang menjadi kajian disertasi saya dulu dibidang Ilmu Al-Quran dan Tafsir”, beliaupun menjelaskan secara gramatikal dan terminologi apa itu isra dan mi’raj dari awal kesedihan yang dialami oleh Rasulullah karena ditinggal khususnya oleh Khadijah dan pamannya Abu Thalib sampai pertemuan Rasulullah dengan para nabi sebelumnya, dimulai dari langit pertama dengan Nabi Adam sampai langit ketujuh kemudian menerima perintah shalat dari Allah Swt, dikisahkan pula “Rasulullah dalam perjalanan mi’rajnya dulu itu sempat memimpin shalat dengan seluruh para nabi yang menjadi makmumnya yang menunjukkan kualitas kenabian beliau sebagai kekasih Allah Swt”.

Di tengah acara mauidhoh hasanah dilanjut dengan penampilan tilawah oleh Ustadz H. Dasrizal M. Nainin, S.S.I., M.I.S. setelah itu, beliau menyampaikan pengalamannya selama berjuang di MTQ, baik tingkat provinsi, nasional, sampai akhirnya bisa mendapat dua juara internasional secara berturut-turut. “Bukan dalam bentuk kesombongan ini adalah hal yang harus kita syukuri Bersama bahwa bukan saya yang hebat, tapi ini semua karena kita serius belajar dan memahami Al-Quran”.

Untuk mengetahui tingkat pemahaman para audiens terhadap materi yang disampaikan, panitia menyiapkan dua pertanyaan untuk para peserta. Pertanyaan pertama “Apa yang melatarbelakangi Allah memperjalankan Nabi Muhammad dalam peristiwa Isra Miraj?”, dan kedua “Apa hal yang bisa kita ambil dari kisah Isra Miraj untuk kita Implementasikan dalam kehidupan kita sebagai Mahasiswa UIN Jakarta?” Dua pertanyaan itu dijawab lugas oleh 2 peserta dengan tepat oleh satu putra dan satu putri kemudian diberikan doorprize atau hadiah kepada para peserta tersebut.

Kemudian, diakhir acara ditutup dengan foto bersama dan makan bersama di lantai 3 Masjid Student Center UIN Jakarta, dari kegiatan tersebut menjadi bukti bahwa Masjid SC UIN Jakarta masih aktif digunakan untuk kegiatan-kegiatan keagamaaan para Mahasiswa, tentunya ini bukan pertama kalinya bahkan sebelum-sebelumnya dan kedepannya Masjid SC ini akan menjadi tempat bertukar pikiran khususnya membahas isu keagamaan dan acara PHBI guna memberikan ruang kepada para Mahasiswa UIN Jakarta untuk berekspresi dan mendapat banyak ilmu tambahan diluar kelas yang diberikan oleh ulama-ulama hebat yang ada di Indonesia ini.

untuk kegiatan-kegiatan keagamaaan para Mahasiswa, tentunya ini bukan pertama kalinya bahkan sebelum-sebelumnya dan kedepannya Masjid SC ini akan menjadi tempat bertukar pikiran khususnya membahas isu keagamaan dan acara PHBI guna memberikan ruang kepada para Mahasiswa UIN Jakarta untuk berekspresi dan mendapat banyak ilmu tambahan diluar kelas yang diberikan oleh ulama-ulama hebat yang ada di Indonesia ini.

untuk kegiatan-kegiatan keagamaaan para Mahasiswa, tentunya ini bukan pertama kalinya bahkan sebelum-sebelumnya dan kedepannya Masjid SC ini akan menjadi tempat bertukar pikiran khususnya membahas isu keagamaan dan acara PHBI guna memberikan ruang kepada para Mahasiswa UIN Jakarta untuk berekspresi dan mendapat banyak ilmu tambahan diluar kelas yang diberikan oleh ulama-ulama hebat yang ada di Indonesia ini.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.