Skip to main content

HIQMA- Tiada air mata yang dapat menenangkan jiwa kecuali air mata taubat. Mungkin itulah ungkapan yang pas untuk ketika seseorang dihadapkan pada perbuatan dosa.

Dosa inilah yang mengakibatkan tidak teraihnya kebahagiaan manusia baik di dunia maupun di akhirat. Karena itu kebermutuan manusia terletak pada sejauh mana manusiayang bersangkutan mampu meninggalkan perbuatan-perbuatan yang menimbulkan dosa kepada Allah SWT.

Pada dasarnya setiap manusia tidak akan lepas dari perbuatan dosa. Hal ini dapat dimaklumi karena setiap manusia bersifat lemah dan hampir tidak mempunyai daya untuk melawan hawa nafsunya sendiri.yang mendorong untuk berbuat kejahatan. Akan tetapi walaupun manusia sering kali terjerumus ke dalam jurang kemaksiatan dalam waktu yang dekat maka timbul suatu kesadaran sehingga dia merasa telah melanggar perintah Allah Swt.

Taubat merupakan pintu gerbang pengampunan. Hanya dengan perasaan yang penuh keyakinanlah yang akan mendapat pengampunan dari Allah Swt. terhadap dosa yang telah dilakukan. Taubat juga merupakan perjalanan menuju Allah dan ungkapan yang indah tentang usaha seseorang dalam mensucikan dirinya dan menggapai ridha Tuhannya.

Suatu upaya dalam meninggalkan sikap dan tempat-tempat yang memembuatnya lalai dan berpangku tangan, menuju sikap dan tempat-tempat yang membuatnya selalu ingat dan bergerak. Tahapan-tahapan jalan menuju Allah dapat dilalui dengan sukses jika seorang muslim mampu menghilangkan segala renik kekejian dan perilaku yang sia-sia. Ia menghiasi dirinya dengan akhlak mulia dan perilaku yang selalu mengutamakan kesungguhan.

Dengan demikian, ia akan mendapatkan balasan yang lebih baik. Taubat dapat dipandang sebagai sebuah proses kejiwaan yang mempunyai banyak manfaat dan dapat membantu manusia yang pernah atau bahkan sering melakukan kejahatan serta kesalahan agar selalu optimistis dan tidak pernah berputus asa dari rahmat Allah Swt.

Sumber : Skripsi Taubat dalam Alquran dan Analisis terhadap Perspektif Quraish Shihab oleh Sayid Qutub Jurusan Tafsir Hadits Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta – 2009

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.