Skip to main content

(Minggu, 10 Oktober 2021) Himpunan Qari dan Qari’ah Mahasiswa (HIQMA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali menyelenggarakan Training Kader (TRIK) Periode Kedua tahun 2021 dengan mengusung tema “Bersama Al-Qur’an Menjadi Generasi Terdepan”. Kegiatan ini berlangsung secara daring dan luring, tepatnya di Sekretariat HIQMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan via  Zoom Meeting. Dengan dihadiri oleh 238 peserta, mereka belajar mengenai kealqur’anan dan keislaman.

TRIK ke-4 minggu ini dibuka dengan pengenalan sholawat Nurul Huda dan Hymne HIQMAkepada para calon anggota (CATA) HIQMA, kemudian dilanjut dengan penyampaian materi oleh Abang Fahmi Abdullah, S. Pd (Wakil Ketua HIQMA Tahun 2012-2013 dan Ketua HIQMA Tahun 2013-2014) yang berjudul “Shifat al- Huruf” yang dimoderatori oleh Kak Ayi Husni Fitriani (Koord Departemen Pendidikan & Kaderisasi HIQMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2021).

Dalam pertemuan kali ini, pemateri menjelaskan megenai Shifat al-Huruf. Shifat al-Huruf adalah keadaan yang melekat pada suatu huruf hijaiyah yang muncul setelah bunyi huruf dikeluarkan secara tepat dari makhrajnya, dan disetiap hurufnya memiliki sifat tersendiri yang dapat sama atau berbeda dengan huruf lainnya.

Shifat al-Huruf terbagi atas dua bagian. Yang pertama, sifat huruf yang memiliki lawan (Shifat Mutadhadah) yaitu : Hams-Jahr, Syiddah-Tawassuth/Bayyinah-Rakhwah, Isti’la-Istifal, Ithbaq-Infitah, dan Idzlaq-Ishmat. Yang kedua, sifat huruf yang tidak memiliki lawan (Shifat Ghairu Mutadhadah) yaitu : Shafir, Qalqalah, Inhiraf, Takrir, Istithalah, Tafasysyi, dan Gunnah.  Dari keseluruh huruf-huruf hijaiyah, hanya ada satu huruf yang memiliki sifat paling banyak, baik itu mutadhadah maupun ghairu mutadhadah, yaitu huruf  Ra’ (ر)

Kemudian, kegiatan TRIK dilanjutkan dengan penampilan dari divisi Qasidah dan disusul dengan penyampaian beberapa informasi dari bagian Tata Tertib (TATIB) TRIK, kemudian ditutup dengan doa.

Alhamdulillah, TRIK ke-4 yang berlangsung secara interaktif pada minggu ini berjalan dengan lancar.  Semoga ilmu yang telah disampaikan oleh pemateri dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari sebagai bekal untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.