Skip to main content

HIQMA (07/09/2022) HIQMA sukses menggelar acara Pekan Seni Islami (PSI) pada hari ini, Rabu, 07 September 2022 di Aula Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam pelaksanaannya, PSI mengusung tema Tebar Syiar Seni Islam (TABASAM) “Mewujudkan generasi Muslim dengan Spirit Qurani”. Dipimpin oleh Buldan Cahyadi bersama dengan rekan-rekan Anggota HIQMA 2022 lainnya, acara PSI ini digelar sebagai puncak tahapan Calon Anggota HIQMA angkatan 2022 dalam melaksanakan Pendidikan Keorganisasian.

Acara dimulai pukul 16.00 WIB oleh MC, Farhan Shadik. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Kurnia Afandi dan Saritilawah oleh Hasna Najibah. Setelah menyanyikan Indonesia Raya, Hymne UIN dan Hymne HIQMA, Acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana kegiatan oleh Buldan Cahyadi. Buldan menyampaikan rasa terimakasih kepada semua mahasiswa dan tamu undangan yang hadir dan pihak yang mendukung terlaksananya acara ini, serta menyampaikan maaf atas kekurangan pada pelaksanaan acara kali ini.

Sambutan kedua disampaikan oleh Muhamad Ansorullah selaku Ketua HIQMA. Dalam sambutannya, M. Ansorullah menyampaikan apresiasi yang sangat besar bagi Panitia Kegiatan dan Anggota HIQMA tahun 2022 yang telah sukses menggelar acara Pekan Seni Islami ini.

“Semoga acara ini menjadi pahala syiar islam bagi kita semua, ditengah berbagai macam budaya dan ideologi di zaman sekarang ini. Semoga HIQMA bisa tetap eksis dimanapun berada sesuai dengan visi dan misi HIQMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk mensyiarkan Al-Qur’an dan seni Islami”

Acara dibuka dengan sambutan yang ketiga oleh Dr. Arief Subhan, M. Ag. selaku wakil rektor bidang kemahasiswaan. 

Dr. Arief Subhan, M. Ag. menyampaikan sambutannya.

“Acara seperti ini harus ada dan harus dilaksanakan di UIN setiap tahun. Melalui seni Islami juga-lah dakwah islam bisa disebarluaskan. Terimakasih kepada rekan-rekan HIQMA yang selalu semangat dalam memperkenalkan seni islami dan ilmu kealquranan kepada masyarakat khususnya bagi Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sendiri”.  Tutur beliau.

Pembacaan doa yang dipimpin oleh Marwan Hasbun Nur, menjadi rangkaian penutup acara pembuka kali ini. Sebelum acara inti dimulai, penonton diajak untuk mengenal HIQMA lebih dekat melalui penampilan video profil HIQMA. Melalui profil HIQMA, dijelaskan berbagai divisi dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.

TABASAM mengangkat penampilan bertemakan seni keislaman yang terdiri dari, penampilan Divisi Tilawah yang dibawakan oleh Alfiani Safitri dan Izzatul Ulfa. Penampilan Divisi Hadrah dan Shalawat yang dibawakan oleh Tim Hadrah dan Sholawat. Selain itu, Penampilan Divisi Tahfiz oleh Abdul Muiz dan Firman. Penampilan Divisi Syarhil Qur’an yang dibawakan oleh M. Firzatullah, Rafi Sya’ban Al-Faridzi dan Fidila Azalia. Tidak hanya penampilan divisi, penampilan monolog dan penampilan kolaborasi vokal serta penampilan kolaborasi perkusi, juga menjadi pengisi puncak acara TABASAM pada malam hari ini.

Penampilan Kolaborasi
Penampilan Kolaborasi

Penampilan yang disuguhkan dalam acara ini, bertemakan seni islami namun tetap mengandung nilai-nilai dakwah keagamaan. Seperti monolog yang dibawakan oleh Tim Kolaborasi Anggota HIQMA tahun 2022. Monolog ini mengisahkan tentang situasi akhir zaman yang digambarkan melalui narasi yang dibaca dengan penuh hikmat dan iringan nada shalawat yang memukau. Sehingga pesan-pesan pengingat akan datangnya akhir zaman yang disampaikan melalui penampilan ini, mampu menyentuh hati para penonton.

Penampilan Monolog
Penampilan Monolog

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh kalangan Anggota HIQMA dan tamu undangan saja, namun semua mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan juga turut memeriahkan Pekan Seni Islami di Aula SC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Acaranya meriah dan spektakuler.  Tata panggung dan penampilan yang dibawakan juga sangat berkualitas. Meskipun acara ini diadakan untuk hiburan, tetapi poin-poin penting dan nasihat-nasihat yang ada didalamnya tetap tersalurkan dengan baik. Sukses terus HIQMA”. ujar salah satu penonton yang hadir pada acara PSI TABASAM malam hari ini.

Penampilan Kolaborasi

Demikianlah acara TABASAM dilaksanakan. Semoga melalui acara ini, dapat menjadi pengalaman khususnya bagi Anggota HIQMA 2022 dalam membentuk mental individu yang lebih percaya diri, berani, belajar saling berkoordinasi untuk mencapai tujuan yang sama, yakni, terlaksananya sebuah kegiatan dengan baik dan lancar serta mampu menyerap berbagai ilmu lainnya dalam keorganisasian. Dengan terlaksananya acara ini juga, semoga dapat menjadi ajang dalam menebar syiar Islami dan mewujudkan generasi yang berjiwa qurani khususnya bagi anggota HIQMA dan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta lainnya. Damai Bersama Al-Qur’an!

Sesi Foto Bersama

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.