Skip to main content

hiqmauinjakarta.com (14/09/22) pembina UKM HIQMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. H. Ahmad Tholabi, S.Ag., S.H., M.H., M.A. dikukuhkan sebagai Guru Besar/profesor bidang Ilmu Hukum Islam pada Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pengukuhan dilaksanakan melalui sidang senat terbuka yang dipimpin oleh Prof. Dede Rosyada M.A., dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Amany Lubis, M.A., di  Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Prosesi pengukuhan dihadiri oleh tamu undangan dan guru besar UIN Jakarta lainnya.

Acara dibuka oleh MC, Yahdina Rusyda yang merupakan anggota HIQMA tahun 2020. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang  yang dilantunkan oleh salah satu Senior HIQMA, Ust. Dasrizal, M.I.S. Kemudian, surat keputusan dibacakan oleh Prof. DR. Zulkifli, M.A.

Sebelumnya, Profesor Tholabi menyampaikan pidato ilmiahnya mengenai konsep koeksistensi hukum nasional dalam hukum di Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa penerapan hukum yang ada di Indonesia masih perlu diperbaiki. Maka untuk dapat meraih nilai tersebut, langkah konkret mengenai koeksistensi hukum nasional atau law coexistence perlu di tegakkan.

Menurutnya, terdapat tiga langkah yang harus dilakukan. Diantaranya, eksistensi setiap pilar hukum tanpa pertentangan satu dengan lainnya harus diakui. Kedua, upaya saling mempengaruhi antar pilar hukum dan ketiga bergantung dengan kesadaran kolektif penegak hukum itu sendiri terhadap koeksistensi hukum nasional.

Proses pengukuhan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Menteri Agama RI (SK Menag) No. 020891/BII/3/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Amany Lubis, M.A. mendampingi proses penyematan selempang guru besar dan penyerahan SK Menag RI atas keberhasilannya meraih gelar profesor.

Sejumlah tokoh juga turut memberikan ucapan selamat atas dikukuhkannya Profesor Tholabi, seperti seperti Wakil Presiden Prof. K.H. Ma’ruf Amin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan pihak lainnya.

Selamat dan sukses atas pengukuhan guru besar Profesor Tholabi. Semoga dengan dikukuhkannya beliau dapat menjadi bukti bahwa Profesor Tholabi selalu berkontribusi untuk kemajuan keilmuan islam khususnya dalam bidang hukum islam. Perjalanan perjuangan keilmuannya semoga menjadi panutan dan inspirasi bagi Anggota HIQMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.