Skip to main content
Agenda

ANJANGSANA UKM SENI RELIGI IPB X UKM HIQMA UIN Jakarta : Synergize With Religious Art

Pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 pukul 10.30 s.d.14.50 WIB di Aula Madya Lt.2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, telah dilaksanakan kegiatan anjangsana (Studi Banding) antara UKM Seni Religi IPB dan UKM HIQMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan mengangkat tema Synegize With Religious Art. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan kerjasama antara kedua UKM, serta berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam bidang seni dan religi.

Diawali dengan Open gate, registrasi peserta anjangsana UKM Seni Religi IPB dan UKM HIQMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. dimulai dengan pembukaan oleh MC Ahmad Musyarofi dari divisi syarhil qur’an UIN Jakarta dan Sharil Srinand Sinaga dari divi syarhil qur’an Seni Religi IPB. Dilanjut dengan pembacaan tilawah oleh Ali Rifki dari divisi Tilawah HIQMA UIN Jakarta. Selanjutnya, Sambutan-sambutan oleh ketua UKM, Robbi Wildanul Ula ketua HIQMA UIN Jakarta dan Ahmad Rizki Mubarok ketua Seni Religi IPB. 

Agenda selanjutnya yakni pengenalan profil UKM, pemaparan profil UKM HIQMA UIN Jakarta dilakukan dengan penayangan video profil HIQMA UIN Jakarta. Dan pemaparan profil Seni Religi IPB dilakukan dengan presentasi profil oleh ketua Seni Religi IPB Ahmad Rizki Mubarok.

Pada pukul 13.00 WIB Peserta di arahkan ke Masjid Al-Jami’ah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk melaksanakan salat zuhur, dilanjut dengan makan bersama, kemudian MC mengarahkan peserta untuk kembali ke tempat duduk untuk melanjutkan kegiatan anjangsana. 

Selanjutnya Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan ini dilakukan dengan membentuk kelompok per bidang/divisi dari HIQMA UIN Jakarta yakni dalam bidang perkusi marawis, hadrah, dan qasidah. Dalam bidang vokal yakni syarhil qur’an, tilawah, dan shalawat. Adapun dari Seni Religi IPB dalam bidang perkusi yaitu hadrah dan gambus. Bidang vokal yaitu syarhil qur’an, nasyid, tilawah dan tartil. Dan bidang kesenian yakni kaligrafi. Kegiatan diskusi ini dilakukan untuk sharing kegiatan dan pengalaman dari masing-masing UKM. Dilanjut dengan pembahasan terkait MoU oleh ketua UKM HIQMA UIN Jakarta dan Seni Religi IPB

Sebelum penutupan, acara yang terakhir di isi dengan penampilan-penampilan UKM, yang pertama oleh Marawis El-HIQMA dan dilanjut dengan penampilan kedua yakni Nasyid oleh Fathir Adli dan Rismayanti dari Seni Religi IPB. Kegiatan ini mengundang tepuk tangan yang meriah dari peserta saat Penampilan yang luar biasa dari UKM HIQMA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Seni Religi IPB dan diakhiri dengan penyerahan cendera mata dan okumentasi.

Alhamdulillah, acara berlangsung dengan lancar dan penuh keakraban. Semua peserta sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti setiap sesi kegiatan. Kami berharap semangat kebersamaan dan kolaborasi yang tercipta antar UKM Seni Religi IPB dan UKM HIQMA UIN Jakarta dalam acara ini dapat terus terjaga dan dapat berkembang di masa mendatang.

One Comment

  • Haikal Aby berkata:

    Kereeen, Salut Buat SR yang sedang semangat untuk perbaikan UKM nya, semoga dengan peminatan yang banyak UKM SR bisa seperti UKM HIQMA UIN JKT yang makin hari makin mantap dan keren

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.